Jumat, 12 Februari 2016

Computer Name

  • Computer Name (nama komputer)
Computer Name adalah nama dari komputer dalam jaringan. Dalam lingkungan LAN, nama komputer haruslah unik (tidak ada yang sama). Jika terjadi kesamaan, maka akan ada peringatan bahwa nama komputer sudah dipakai dan akan mempengaruhi kinerja dari komputer yang mempunyai nama sama tetapi dengan dasar IP address masih bisa diakses. Misal, dalam satu jaringan ada nama PC1, PC2, PC3, dst.
Langkah langkah mengubah computer name :
1. Buka Control Panel ==> Performance and Maintenance ==> System. Perhatikan tab Computer Name. Alternatif lain, Icon My Computer ==> Properties ==> Computer Name.
  • Isi Computer description dengan deskripsi komputer anda, misal Ruang05′s computer
  • Klik Change ==> keluar Computer Name Changes,

screenshot Computer Name Changes
2. Computer Name Changes
  • Pada Computer Name :isikan nama komputer yang diinginkan (dalam praktikum isikan sesuai tempat duduk, misal PC01, PC02, PC03, dst….)
  • Pada Member of, perhatikan yang Workgroup saja, isikan dengan group komputer yang diinginkan menjadi satu dalam jaringan (dalam praktikum, isikan sesuai dengan ruang/lab, misal RUANG05, LABKOM05). Nama workgroup untuk masing-masing komputer yang ingin bergabung pada jaringan tersebut harus sama.
3. Klik OK, tunggu sebentar sampai muncul kotak dialog Welcome to the “nama-workgroup” workgroup. Restart PC untuk mengetahui perubahan.
4. Cek Workgroup dan Computer Name
  • Start ==> Explore ==> cari My Network Places ==> Entire Network ==> Microsoft Windows Network ==> cari Nama Workgroup.

cek workgroup melalui windows network
  • Ketika nama Workgroup di klik 2X, maka list nama-nama ( Computer Name ) dari PC yang aktif/hidup akan muncul satu persatu.
 http://hendri.staff.uns.ac.id/2009/10/computer-name-workgroup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar