MAKALAH SISTEM KOMPUTER
BAB 1 PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data dengan yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya,
dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi
program yang tersimpan pada memory (stored program), pernyatan tersebut
merupakan definisi computer menurut buku Computer Today (Donald H. Senders).
Agar komputer dapat digunakan untuk
mengolah data, maka harus berbentuk sistem. Sistem adalahb kumpulan elemen yang
saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu
proses pencapaian suatu tujuan utama.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah
mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut dapat
terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari
sistem komputer tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
·
Hardware (perangkat keras/piranti keras)
adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
·
Software (perangkat lunak/piranti lunak)
adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
·
Brainware adalah manusia yang terlibat
di dalam pengoperasian suatu pengaturan sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut
harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya
software tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan hanya berupa benda mati
saja. Software akan mengoperasikan hardware, hardware yang sudah didukung oleh
software juga tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia manusia yang
mengoperasikannya.
Berdasarkan latar
belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut;
1. apa
saja komponen dari hardware, software, dan brainware;
2. bagaimana
peranan ketiga komponen tersebut dalam sistem komputer.
2.1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS) KOMPUTER
Istilah komputer diambil dari bahasa
latin Computare yang berarti menghitung (to conpute atau reckon). Dalam hal ini
berarti mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input
digital, memprosesnya, sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemory
(stored program) dan menghasilkan input informasi.
Hardware merupakan komponen fisik yang
digunakan untuk aktivitas input, proses, output dan penyimpanan pada suatu
sistem komputer. Komponen hardware terdiri atas berikut;
A.
PERALATAN
MASUKAN (INPUT DEVICE)
Adalah
alat-alat yang digunakan untuk proses memasukan data/informasi ke komputer.
Jenis-jenis peralatan masukan adalah sebagai berikut.
1. Keyboard,
merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol-tombol huruf, angka dan
karakter lain serta tombol fungsi.
2. Pointing
device, merupakan peralatan input yang dapat digerakandan memiliki petunjuk
(pointer). Pointing device terdiri dari;
·
Mouse
·
Pointing stick, berbentuk seperti pena
kecil dan digunakan untuk menulis pada layar di notebook tertentu.
·
Trackball, mirip dengan mouse terdapat
bola kecil pada permukaanya.
·
Joystick.
·
Touch screen
·
Light pen digitizing tablet
3. Terminal
, adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor yang dapat menerima input
data dan ditampilkan ke layar monitor. Ada tiga macam terminal, yaitu;
·
Dumb terminal, adalah terminal yang
tidak memiliki kemampuan untuk melakukan proses data, karena tidak memiliki
unit control dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa menerima data
dari keyboard dan menampilkan informasi dari remote komputer yang terhubung dan
sebaliknya. Contohnya adalah PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai
dumb terminal.
·
Smart terminal, sudah mampu melakukan
proses pengolahan data.
·
Intelligent terminal, terminal yang
paling tinggi tingkat kecerdasanya.
4. Optical
reading device (scanner), adalah peralatan input yang dapat mentransformasikan
data tecetak kedalam komputer secara langsung seperti gambar, tulisan dan lain-lain.
Jenis-jenis scanner ;
·
Optical character recognition (OCR),
scanner ini akan mengenali karakter dari suatu dokumen tercetak.
·
Optical mark reader, membaaca data dari
bagian yang sudah diberi tanda pada kertas/form tertentu.
·
Barcode reader, membaca data dari
code-code tertentu yang tertera pada suatu produk.
·
Handprint reader.
·
Image scanner.
5. Magneting
reading device (MRD)
Membaca
sumber data yang bersifat magnetic, jenis MRD antara lain;
·
Magnetic ink character recognition
(MICR), membaca tinta magnetic.
·
Digital camera
6. Voice
and sound input
7. Touch
tone input device, mentransformasikan nada tekanan.
8. Multimedia
audio device, contoh ; televisi, video cassette recorder, video camera.
B. PERALATAN PROSES (PROCESS DEVICE)
Alat
pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah
data yang sudah dimasukan melalui alat input dan hasilnya ditampilkan melalui
alat output. Alat pemroses terdiri atas central processing unit (CPU) dan main
memory.
1. Central
Processing Unit (CPU)
Merupakan bagian dari komputer yang
mengeksekusi atau menjalankan instruksi-instruksi program dan memproses data
sperti perhitungan. Program adalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang
bertujuan menjalankan tugas tertentu. CPU memilioki dua komponen utama yaitu;
a. Control
Unit (CU)
Bagian
ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas prosesor. Control unit
diidentikan dengan bagian otak yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatan
seperti bekerja, bermain, belajar dan sebagainya. Semua kegiatan yang dilakukan
komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi yang diterima oleh control unit.
Disini control unit hanya bertugas mengawasi saja, dan bukan sebagai otak dari
komputer.
b. Arithmatic
Logic Unit (ALU)
Bagian
ini berfungsi melakukan perhitungan operasi aritmatika dan logika. Operasi
aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, sedang operasi logika yaitu
membandingkan suatu elemen informasi dengan yang lainya terdiri atas <,
>, >=, <=, =, dan <>.
Disamping
dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa alat penyimpanan yang
berukuran kecil yang disebut dengan register.
Register
Register merupakan tempat
penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada di processor
(bukan di memory utama). Register dapat menyimpan instruksi, alamat
penyimpanan, atau jenis data lainya. Register dapat memindahkan data dan
instruksi lebih cepat dibanding dengan memory utama dan juga dapat menyimpan
instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut. Register juga dapat
membantu ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.
Register harus memiliki ukuran yang
cukup besar untuk menyimpan instruksi, contohnya untuk instruksi komputer
dengan panjang 32 bit, register juga harus memiliki panjang minimal 32 bit.
Ada
4 tipe register yaitu;
·
Register penyimpanan (storage register)
Menyimpan
data sementara yang dipindahkan dari memory dan menerima hasil proses yang akan
dikirim ke memory.
·
Register alamat (address register)
Menyimpan
alamat-alamat data yang akan digunakan untuk menjalankan instruksi.
·
Accumulator
Menyimpan
hasil perhitungan aritmatika. Data kemudian dipindah ke memory atau register
lain untuk diproses lebih lanjut.
·
General purpose register
Mampu
menyimpan data, alamat, dan hasil perhitungan aritmatika.
Machine
cycle (siklus mesin)
Proses
dari suatu instruksi bahasa mesin disebut dengan siklus mesin (machine cycle).
Siklus mesin terdiri dari tahapan proses yang dilakukan oleh mesin (CPU) dan
bekerja sama dengan ALU dan memory.
Proses
yang dilakukan ada 4 tahap yaitu;
-
Fetch, tahap pengambilan (membaca)
instruksi dari memory.
-
Decode, menerjemahkan instruksi kedalam
perintah yang dapat dimengerti oleh komputer
-
Execute, menjalankan/mengeksekusi
perintah yang diterima.
-
Store, penyimpanan hasil proses ke
memory.
Proses dari siklus mesin terdiri dari
dua bgian utama yaitu, instruction cycle (I-Cycle) atau instruction time
(I-Time) yang meliputi tahap fetch dan decode serta execution cycle (E-Cycle)
yang meliputi tahap execute dan store.
Pada I-Cycle instruksi dipindahkan dari memory ke CPU dan dipahami oleh
CPU. Selanjutnya pada bagian E-cycle perntah dari instruksi tersebut
dijalankan.
Siklus
Instruksi mesin
Kemampuan prosessor
Kecepatan
merupakan salah satu alasan mengapa orang menggunakan teknnologi informasi.
Komputer dapat melakukan jutaan hitungan perdetik secara konstan, akurat, dan
reliabilitas. Terdapat tiga elemen yang mempengaruhi kecepatan sebuah komputer,
yaitu
1. System
Clock
Sinkronisasi dari tugas atau kegiatan
yang dikerjakan adalah dasar untuk meyakinkan bahwa kegiatan dilakukan secara
teratur. Semua komputer memilioki system clock yaitu sebuah sirkuit yang
menghasilkan pulsa elektronik dengan kecepatan yang tetap untuk
mengsinkronisasi kegiatan proses. System clock diukur dengan satuan megahertz (1
Mhz = 1juta pulsa elektronik yang dihasilkan perdetik). Makin besar Mhz dalam
system clock maka semakin tinggi kecepatan komputer
2. Bus
Width
Pada
saat melakukan proses, secara internal terjadi pemindahan data didalam
komputer. Lintasan dimana data dipindahkan disebut bus. Bus juga merupakan
sirkuit elektronik. Terdapat dua jenis bus, yaitu;
a. I/O
bus, yaitu bus yang berfungsi mengatur dan menghubungkan perpindahan antara
input output device (I/O device) dengan prosessor.
b. Data
bus yaitu bus yang mengatur dan menghubungkan perpindahan data antar processor
dengan memori.
processor
|
Memory
|
Input device
|
Data Bus
|
output device
|
Lebar
bus akan menentukan besarnya data yang dapat dipindahkan tiap waktu. Makin
besar bus maka kecepatan perpindahan datanya akan makin cepat.
c. Word
Size (Ukuran Word)
Word
adalah ukuran satuan yang menyatakan jumlah bit yang dapat diproses komputer
tiap waktu, ukuran word dapat dinyatakan
dengan bit (binary digit). Misalnya word
1-Byte terdiri dari 8 bit, word 2 Byte terdiri dari 16 bit. Semakin
besar ukuran word (word size), semakin cepat komputer dapat memproses data dan melakukan
operasi aritmatika dan logika.
Instruction
fetcher
|
Instruction
decoder
|
register
|
Memory interface
|
ALU
|
TO MEMORY
|
Blok diagram CPU
(hubungan antar komponen CPU)
Jenis-jenis proses
a. Serial
processing (mengerjakan proses satu persatu)
b. Parallel
processing (mengerjakan proses secara sekaligus). Parallel terbagi dua yakni;
-
SIMD (single instruction multiple data),
instruksi yang sama dikerjakan pada waktu yang bersamaan dan setiap prosessor
beroprasi pada data yang berbeda.
-
MIMD (multiple instruction multiple
data) menjalankan instruksi berbeda dalam waktu yang bersamaan.
c. Pipeline
processing, yakni penggabungan dari serial dan parallel processing. Proses
memiliki 4 tahapan yaitu; pengambilan instruksi, penerjemahan instruksi,
eksekusi dan penulisan kembali hasil.
Berikut beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam meningkatkan kecepatan processor.
-
Cache memory , penyimpanan sementara
sehingga CPU dapat mengalkses langsung ke cache tanpa mengakses ke memory utama
terlebih daulu.
-
Co-processor (chip tambahan mempercepat
processor)
-
Accelerator board.
-
Increase chip denity and integration
-
RISC (reduced instruction set computing)
-
Parallel processor.
Binary
digit
v EBCDIC
(extended binary coded decimal interchange code) menggunakan 8 bit.
v ASCII
(American standard code for information interchange) menggunakan 7 bit.
v Unicode
menggunakan 16 bit.
perbedaan
primary storage dan secondary storage
Primary
Storage
|
Secondary
Storage
|
Penyimpanan data
sementara
|
penyimpanan data
permanen
|
Menyimpan data dalam
keadaan komputer menyala
|
Mampu menyimpan data
dalam keadaab komputer mati.
|
tidak dapat menyimpan
aplikasi besar
|
Mampu menyimpan
aplikasi yang besar
|
C.
PERALATAN
KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Adalah peralatan yang dapat
menerjemahkan hasil pengolahan data ke user. Adapun jenis output adalah sebagai
berikut;
1. Visual
display (monitor)
2. Printer,
berdasarkan alat cetaknya dapat digolongkan atas;
a. Impact
printer
·
Dot matrix printer, mencetak dengan
sistem dot (titik)
·
Chain printer, menggunakan rantai berisi
karakter.
·
Band printer, pita besi berisi karakter.
·
Drum printer, karakter diletakan
dipermukaan luar drum metal.
b. Non
impact printer (tidak bersentuhan dengan kertas yang akan dicetak)
·
Inkjet printer, pipa penyemprot tinta.
·
Laser printer.
·
Thermal printer
Berdasarkan cara cetaknya, printer
dibedakan atas;
·
Character printer, mencetak perkarakter
tiap waktu.
·
Line printer, mencetak perbaris tiap
waktu.
·
Page printer, mencetak perhalaman.
3. Plotter,
peralatan khusus pencetak gambar/grafik. Terdiri dari dua komponen yakni
flatbed (badan plotter) dan drum (penggulung kertas yang besar)
D.
MEDIA
PENYIMPANAN DATA (STORAGE)
Merupakan
media yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data informasi dalam bentuk
informasi binary. Media penyimpanan terdiri atas dua jenis yaitu primary
storage dan secondary storage.
1. Karakteristik
Media Penyimpanan
a. Kecepatan,
waktu dibutuhkan untuk membaca dan menulis data, cost menningkat sejalan dengan
meningkatnya kecepatan
b. Volatility,
kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya, untuk media yang
tergolong volatile maka cost menurun seiring dengan meningkatnya volatility.
c. Metode
akses, terdiri atas tiga jenis yakni;
-
Serial access, proses penyimpanan dan
memperoleh data dilakukan dengan urutan linear.
-
Random access, metode akses tidak
tergantung pada urutan tertentu.
-
Parallel access, metode akses dilakukan
secara bersamaan terhadap lebih dari satu media penyimpanan.
d. Portability,
kemampuan melakukan install atau memasang dan melepaskan media penyimpanan dari
komputer.
e. Capacity,
jumlah data maksimumyang mampu disimpan oleh suatu media penyimpanan.
2. Jenis-Jenis
Media Penyimpanan
a. Primary
storage, media penyimpanan yang langsung dapat diakses oleh CPU.
-
RAM (random access memory) jenis memory
yang dapat ditulis dan dapat dibaca, menimpan data sementara selama komputer
menyala. Ada beberapa jenis RAM diantaranya; dynamic RAM (perlu penyegaran
terus menerus), static RAM (penyimpanan data tetap sehingga tidak perlu
penyegaran), EDORAM/extended data out RAM (menggunakan tipe SIMM/single in
memory module yang memiliki 72 pin, SDRAM/ synchronous dynamic RAM (memiliki
168 pin)
-
ROM (read only memory), dapat menyimpan
data walaupun komputer dapat dimatikanb. Ada beberapa jenis ROM; PROM/programmable ROM (data atau program
hanya bisa diubah sekali), EPROM/erasable PROM (data dapat dihapus dengan sinar
ultraviolet, dan EEPROM data dapat dihapus dan deprogram ulang.
-
Circuit board, yaitu papan memory yang
tersusun dari beberapa sirkuit. Tipe circuit board ada dua; SIMM/single in-line
memory (72 pin module, 7-16bit data) dan DIMM (dual in line memory (168 pin
module, 32-72bit data).
-
Cache memory (flash RAM), memory penyimpanan
data yang dapat menyimpan meski komputer dalam keadaan mati. Data dapat dihapus
dan ditulis kembali melalui program khusus.
b. Secondary
storage (media penyimpanan yang berada diluar komponen komputer). Secondary
storage terdiri atas ;
-
Magnetic storage; (magnetic tape dan
magnetic disk) sedang jenisnya ada dua yakni hard disk dan floppy disk.
-
Optical storage (dari bahan metalik).
Jenisnya terbagia atas;
·
CD (CD-ROM, CD-R, CD-RW, mini-CD)
·
DVD (single-sided 4.7 GB,
double-sided 9.4 GB, single-sided double
layer 9.4 GB, double-sided double layer 17 GB).
Berdasarkan formatnya DVD dapat digolongkan sebagai berikut; DVD-R,
DVD+R, DVD+RW, DVD-RW, dan DVD-RAM.
Dalam
komputer terdapat juga saluran untuk berkomunikasi antara komputer dengan
perlatan lainya. Saluran tersebut antara lainya;
·
Sistem bus, adalah alat penghubung bagi
semua peralatan komputer.
·
PCI bus, digunakan sebagai perlatan
tambahan pada komputer, komponennya menggunakan slot pada mainboard.
·
SCSI (small computer system interface),
merupakan suatu teknologi penghubung untuk komponen eksternal pada komputer.
·
Port, standard penghubung antara
komputer (mainboard) dengan perlatan tambahan pada masa tahun 1980-2000. Tahun
berikutnya sudah menggunakan USB dan tidak menggunakan port lagi.
·
USB (universal serial bus) port, adalah
pengembangan dari port serial. Kelebihan USB adalah pada kemudahan dalam
melakukan koneksi devais ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang
secara plug and play.
2.2.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Sebuah
program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan
menggunakan bahasa khusus yang member perintah kepada komputer untuk melakukan
berbagai pengoperasian terhadap data. Software juga termasuk data elektronik
yang disimpan komputer. Pengolahan software melibatkan beberpa hal seperti
sistem operasi, program, dan data.
A. PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
Era
Stabil, komputer sudah mulai digunakan secara luas terutama keperluan industry
(bermunculanya perusahaan perangkat lunak). Pernagkat lunak sudah mampu
menjalankan proses tidak hanya satu-persatu tetapi secara bersamaan (multy
tasking) dan mampu menyelesaikan (multy user) dengan cepat. Mulai dikenal pula
sistem basis data yang memisahkan program pemroses dengan data yang diproses.
Era Mikro, pembedaan perangkat lunak menjadi dua yakni perangkat
lunak sistem untuk menangani internal software dan aplikasi yang digunakan oleh
user untuk keperluan tertentu dan keduanya mengaraj ke kecerdasan buatan.
Era
Modern, perkembangan perangkat lunak semakin pesat dan bukan lagi hanya ditujukan
pada komputer tapi sudah ada pada peralatan elektronik untuk mengatur operasi
peralatan itu dan selanjutnya mengarah ke konsep yang pernah direncanakan Sun Microsystem
(pembuat JAVA) yakni semua peralatan teersebut dapat terhubung ke suatu sistem
untuk saling berkomunikasi dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.
B. FUNGSI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak memiliki beberapa fungsi
diantaranya;
·
Menyiapkan aplikasi program komputer
agar kerja seluruh peralatan terkontrol.
·
Mengidentifikasi program
·
Mengatur pekerjaan lebih efisien
C. KATERGORI PERANGKAT LUNAK
Jenis-jenis
perangkat lunak berdasarkan lisensi . Menurut Microsoft
dalam “The Hallowen Document”, terdapat beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan
untuk program komputer, yaitu:
·
Lisensi
Commercial, adalah
jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan
Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang
diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial
sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin
penggunaan dari pemegang hak cipta.
·
Lisensi
Trial Software, adalah
jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah
software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan
tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk
menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun
karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki
fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh
masa aktif tertentu.
·
Lisensi
Non Commercial Use, biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu
dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan
batasan penggunaan tertentu.
·
Lisensi
Shareware, mengizinkan
pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta
izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak
dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi
jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
·
Lisensi
Freeware,
biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung,
memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat
mendukung antara lain adalah plug-in tambahan yang biasanya menempel pada
software induk seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
·
Lisensi
Royalty-Free Binaries, serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah
library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan
suatu software yang berdiri sendiri.
·
Lisensi
Open Source, membebaskan
usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari,
mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source
berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL.
Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, sendmail, apache
dan FreeBSD.
Secara
umum perangkat lunak terbagi menjadi dua jenis, yaitu software sistem operasi
dan software aplikasi. Sistem operasi merupakan software yang digunakan untuk
mengoperasikan suatu komputer agar dapat digunakan, sedangkan aplikasi
merupakan software yang dioperasikan untuk keperluan tertentu. Secara khusus software
terbagi atas ;
1.
Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem
operasi dijalankan pertama kali saat komputer dihidupkan, sistem operasi inilah
yang mengatur proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal,
penggunaan memory, dan memberikan keluaran ke peraltan yang sesuai. Contoh
sistem operasi antara lain DOS, Unix, Windows, IBM OS/2, Apple’s System 7, dan
sebagainya.
Sistem operasi modern mempunyai komponensebagai berikut:
• Kernel merupakan
suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas
melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara
aman dan terkendali. Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada
lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka
kernel juga bertugas untuk mengatur agar kapan dan berapa lama suatu program
dapat menggunakan satu bagian hardware tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai
”multiplexing”.
• File disini
merupakan file-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi. File disini
juga berarti sistem berkas dan file system yang dimiliki oleh suatu sistem
operasi.
• karakteristik interface (tampilan) yang menjadi interaksi
antar user dengan komputer :
-
Command Line Interface atau command line
Interpreter (CLI) , CLI memberikan tampilan dalam mode teks
ke user, dengan backgroud satu warna dan tampilan teks yang juga satu atau
beberapa warna dasar.
-
Graphical User Interface (GUI), GUI memberikan tampilan yang lebih interaktif dan nyaman
digunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah warna yang dihasilkan juga
lebih banyak, tergantung kemampuan Video Adapter yang dimiliki komputer.
Pada
prinsipnya sistem operasi merupakan kumpulan dari program routine dan procedure
yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna komputer dalam sistem komputer
dan memperbesar efisiensi sistem tersebut. Sistem operasi juga dapat
didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara
pemakai komputer dan perangkat keras. Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan,sistem operasi dpt dikategorikan dengan :
• Single
User – Single Tasking, Sistem Operasi hanya bisa digunakan
oleh satu akun pengguna dan tidak bisa menjalankan banyak program secara
bersamaan
• Multi
User – Single Tasking, Sistem Operasi bisa digunakan oleh
lebih dari satu akun pengguna namun tidak bisa menjalankan banyak program
secara bersamaan.
• Single
User – Multi Tasking, Sistem Operasi hanya bisa digunakan
oleh satu akun pengguna namun bisa menjalankan banyak program secara bersamaan
• Multi
User – Multi Tasking, Sistem Operasi bisa digunakan oleh
lebih dari satu akun pengguna dan bisa menjalankan banyak program secara
bersamaan.
Fungsi sistem operasi
·
Mengatur proses yang mencakup penyiapan,
penjadwalan dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
·
Mengatur sumber daya yang berkaitan
dengan pengendalian terhadap perangkat lunak sistem operasi atau perangkat
lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
·
Mengatur data yaitu berupa pengendalian
terhadap data masukan atau keluaran dan juga sebagai sarana untuk mengelola
keamanan komputer.
Jenis sistem operasi
·
MS-Windows dan Linux untuk PC/Netbook
·
VMS untuk DEC
·
OS/2 untuk Apple Macintosh
·
SunOS untuk Sun Computers
·
Palm OS untuk PDA PalmPIlot.
2.
Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi perangkat lunak memiliki jenis
sebagai berikut;
·
Proprietary application software, software
ini dibuat untuk kebutuhan bisnis.
·
Off the shelf application software,
dapat dibeli atau disewa dari vendor yang membuat dan dapat dimodifikasi sesuai
dengan kebutuhan.
Adapun contoh software aplikasi
diantaranya sebagai berikut;
a. Software
aplikasi pengolah kata (word processing), software ini digunakan untuk mengetik
naskah, surat, brosur, maupun dokumen lain.
Contoh program pengolah kata ini adalah Microsoft word, write open office,
lotus word, Amipro, wordstar, notepad, dan sebagainya)
b. Software
aplikasi pengolah angka (spreadsheet), digunakan untuk pengolahan data angka
berupa perhitungan, pembuatan table, grafik dan sebagainya. Contoh aplikasi ini
adalah Microsoft Excel, Lotus 123,
Quattro Pro, Lotus Shympony, dan sebagainya.
c. Software
aplikasi grafis, aplikasi ini biasa digunakan untuk keperluan desain grafis,
terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar. Contoh aplikasi ini antara
lain Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Photodraw, dan sebagainya.
d. Software
pengolah data (database), software ini digunakan untuk mengorganisir dan
memproses sekumpulan data. Dalam istilah komputer sering disebut (Database
Management System), yaitu sistem yang berfungsi untuk mengelola atau me-manage
data sehingga dapat bermanfaat. Contoh software ini antara lain MySQLFront,
dBase dan sebagainya.
e. Software
multimedia, sering digunakan untuk keperluan terkait dengan audio dan video
seperti keperluan presentasi, periklananm media elektronik, perfilm-an atau animasi
dan lain-lain. Contoh aplikasi ini adalah Windows Media Player, iTunes, Real
Player, Winamp, dan media presentasi (Microsoft Power Point, Lotus Freelance,
Flash player) dan sebagainya.
f. Software
aplikasi internet, program yang berfungsi untuk keperluan akses ke internet.
Contoh aplikasi ini adalah;
·
Web browser (internet explorer dan
mozila firefox)
·
E-mail client , digunakan untuk membaca
dan mengirim surat elektronik. (Outlook Express, Eudora, Netscape messager, dan
sebagainya)
·
Chatting atau IRC (Internet Relay Chat),
memungkinkan komunikasi anatara pengguna secara langsung melalui teks. Secara
umum melakukan chatting adalah melalui ; 1) program bantu klien IRC, 2)
fasilits web chatting dari situs, 3) program instant messanger.
·
File transfer protocol (FTP), umumnya
digunakan sebagai sarana pendukung untuk pertukaran maupun penyebarluasan
sebuah file melalui jaringan internet.
·
Remote login, aplikasi yang memungkinkan
user untuk login kesebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan
internet.
·
Remote desktop, adalah istilah untuk
mewakili kejadian dimana sebuah PC atau perangkat komputer ada di lokasi
tertentu diakses dan digunakan dari tenoat yang berbeda lokasi.
3.
Bahasa Pemrograman
Adalah
software yang digunakan eleh para programmer (pembuat program/software) untuk
membuat atau menuliskan perintah atau program tertentu. Contoh software bahas
pemrograman antara lain adalah;
·
Borland Delphi
·
Visual basic
·
C/ C++ atau C++ builder
·
Assembler
·
Java
·
PHP, ASP, Phyton, Perl, J2ME, (bahasa
pemrograman berbasis web)
Ada bebrapa kategori bahasa pemrograman
anatara lain adalah;
a. Bahasa
Mesin (Machine Language)
Merupakan
bahasa yang terdiri dari kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan
langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan level terendah dari bahasa
pemrograman komputer dan disusun dalam bentuk binary digit (berupa 0 dan 1).
Sekumpulan instruksi dalam bahasa ini dapat membentuk microcode. Meski begitu,
bahasa ini memiliki kecepatan yang paling tinggi diantara bahasa pemrograman
lain. Namun agak sulit mempelajari bahasa pemrograman ini karena sangat tidak
user friendly.
Contohnya : AF 12 FF 11 10 12
100
100
b. Bahasa
Rakitan (Assembly Language)
Merupakan
pengemangan lebih lanjut dari bahasa mesin. Pada assembly tidak hanya mengenal
0 dan 1 namun ada beberapa symbol yang digunakan antara lain MOV, ADD
(penjumlahan), SUB (pengurangan), MUL (perkalian), dan lain-lain. Pada bahasa
rakitan memiliki program untuk debugging yaitu mencari kesalahan pada sebuah
program yang dibuat. Contohnya adalah Turbo Assembler yang akan mencocokan
Token dari awal sampai akhir dan dikodekan menjadi bahasa mesin. Berikut adalah
contoh bahasa mesin untuk menuliskan ‘Hello World’
c. Bahasa
Procedural (Procedural Language)
Sebuah
kalimat dalam bahasa procedural diterjemahkan dalam instruksi-instruksi bahasa
mesin, karena itu membuat programmer lebih produktif. Bahasa pemrograman ini
mengharuskan programmer menspesifikasikan langkah demi langkah, bagaimana
komputer harus menyelesaikan sebuah tugas. Bahasa ini berorientasi pada
bagaimana sebuah hasil diproses. Contoh : Cobol, Pascal, C, Fortran,
QuickBasic.Contoh program sederhana bahasa Pascal:
d. Bahasa
Tidak Terprosedur (Nonprocedural Language)
Bahasa
ini merupakan bahasa tingkat tinggi yang memperbolehkan user untuk mmenentukan
hasil yang spesifik tanpa harus memiliki spesifik detail procedure yang
dibutuhkan untuk mencapai suatu hasil. Keuntungan bahaasa ini adalah dapat
digunakan oleh nonteknikal user dan biasanya didalam lingkungan aplikasi
database sebagai bahasa query, pembuatan laporan, dan manipulasi data. Misalnya
Informix, Oracle, SQL. Berikut contoh listing program Informix
e. Bahasa
Pemrograman Natural (Natural Language)
Bahasa
generasi kelima dikenal sebaga bahasa cerdas. Translatornya menterjemahkan
bahasa natural menjadi sebuah bentuk yang dapat dibaca oleh mesin yang
benar-benar kompleks. Contohnya adalah Prolog. Berikut contoh listing program
bahasa prolog;
f. Bahasa
Pemrograman Visual
Bahasa pemrograman yang digunakan di dalam
lingkungan visual. Bahasa ini menggunakan mouse, icon, simmbol dilayar komputer
atau pulldown menu sebagai GUI (graphical User Interface) sehingga pemrograman
menjadi mudah dan lebih intuitif. Bahasa ini sangat popular dikalangan pengguna
non teknikal, contohnya Borland Delphi, Visual Basic, C++, Vfoxpro, dan
lain-lain.
Contoh listing visual basic;
g. HTML
(Hyper Text Markup Language)
Bahasa standar yang
digunakan untuk pembuatan halaman web dengan hypertext dan informasi lain yang
akan ditampilkan pada halaman web. Dokumen hypertext bisa berisi text, gambar,
dan tipe informasi lain seperti data file, video, dan program executeable.
Listing (source) HTML
h. Extensible
Markup Language (XML)
Bahasa
ini di desain untuk memperbarui fungsionalitas web Document dengan menyediakan
identifikasi informasi yang lebih fleksible dan adaptable. XML merupakan cara
untuk menggambarkan data dengan tujuan utama untuk memfasilitasi kegiatan
berbagi data antar sistem yang berbeda-beda khususnya sistem yang berhubungan
dengan internet. Berikut adalah contoh dokumen XML;
i.
Virtual reality modeling language (VRML)
Merupakan
format file yang menggambarkan permodelan interaktif dan objek tiga dimensi
yang dapat ditampilkan melalui web browser. Pada prinsipnya VRML sama dengan
HTML, jika html adalah bahasa teks untuk web, VRML merupakan bahasa permodelan
yang juga bisa diakses melalui internet. VRML bukan bahasa pemrograman tapi
merupakan bahasa permodelan untuk simulasi. Viewer dapat langsung menjelajahi
model secara visual.
j.
Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek
Merupakan
suatu program komputer yang dipandang sebagai kumpulan dari unit tunggal atau
objek yang dapat melakukan aksi atau tindakan satu sama lain. Setiap bahasa
pemrograman yang berorientasi objek
dapat menerima pesan, memproses data dan mengirim pesan kepada objek lain.
Setiap objek dapat dipandang sebagai suatu mesin yang independent dengan
tanggung jawab tertentu. Contohnya adalah Java dan C++
Contoh list program C++
Piranti
Lunak Perusahaan (Enterprise Software)
·
Streamlining organizational software,
organisasi menginginkan paket program yang dibutuhkan organisasi yang dapat
mendukung integrasi antara modul fungsional seperti sumber daya manusia,
operasional, marketing dan lain-lain.
·
Middleware, adalah software yang
didesain untuk menghubungkan applicarion module yang dikembangkan pada bahasa
pemrograman yang berbeda dan dijalankan di platform yang berbeda baik di single
machine atau over a network.
·
Organization wide application,
enterprise software berisi program yang dapat mengatur operasi vital sebuah
organisasi seperti; supply chain management, inventory replenishment,
pemesanan, koordinasi, manajemen sumber daya, manufacturing, operasional,
akunting dan manajemen keuangan.
4.
Alat Bantu (Utility)
Adalah unsur software yang berfungsi
membantu pengoprasian mesin anatara lain mempersiapkan pemakaian media disk,
membuat duplikat disk atau file, membuat proteksi atau menghapus proteksi suatu
sistem software, memperbaiki file yang rusak, menguji kebenaran kerja komputer
dan sebagainya. Contohnya; Norton Utilities, Disk Optimizer, Diagnostik Test,
Sisift Sandra, PC Tools, Nero, Power Desk, Partition Magic, Luplink Gold,
WinZip, PC Cillin, McAfee, Norton Anti Virus, Ghost, dan sebagainya.
Permasalahan
software (software issues)
a. Pemilihan
dan penilaian software, dipengaruhi beberapa faktor;
·
Ukuran dan lokasi pengguna saat ni dan
yang akan dating.
·
Tools sistem administrasi
·
Biaya awal dan selanjutnya.
·
Kemampuan sistem sekarang dan yang akan
dating.
·
Lingkungan komputasi yang ada
·
Keahlian teknis yang ada.
b. Lisensi
software, adalah izin pengakuan hukum yang mengikat dalam suatu aktivitas.
c. Software
upgrades, para pemilik software akan merevisi program mereka dan menjual versi
yang baru. Software tersebut akan memiliki kemampuan tambahan sekaligus bugs.
d. Open
system, memilki software yang kompetibel pada seluruh komputer berbeda yang
akan berinteraksi satu dengan berbeda yang akan berinteraksi satu dengan yang
lainya.
e. Open
source software, perangkat liunak yang dikembangkan secara bersama-sama tanpa
koordinasi resmi, menggunakan kode program yang tersedia secara bebas serta
didistribusikan melalui internet. contohnya: LINUX operating system, Open
Office, GNU suit of software, nestcape, sendmail SMTP dan sebagainya.
2.3.BRAINWARE
Brainware
computer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer
atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat
intelektual yang mengoprasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware
computer dan software computer. Tanpa adanya brainware, mustahil hardware dan
software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan.
Dalam pemanfaatannya Brainware dibagi menjadi 4, yaitu :
1. System
Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian,
perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak
dan system yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan.
2. Programmer
adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak
bahasa pemrograman seperti bahasa C, pascal, ataupun Java. Programmer juga
dapat dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang
dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.
3. Administrator
adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program –
program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Jenis
– Jenis administrator
•
System administrator: yang bertangung
jawab agar sistem informasi berjalan
•
Nerwork administrator: bertanggung jawab
pada jaringan
•
Database administrator: bertanggung
jawab pada aspek lingkungan database
•
Forum administrator: yang mengatur forum
online
4.
Operator adalah pengguna biasa yang hanya
memanfaatkan sistem computer yang sudah ada atau istilahnya hanya menggunakan
aplikasi – aplikasi
keempat
tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem computer
walaupun dalam dunia IT masih banyak lagi brainware-brainware lainnya. Dari
sekian banyak itu kami akan membahas beberapa diantaranya selain 4 tingkatan
umum yang sudah kami bahas di atas.
5.
Profesi
Di Bidang IT
a. System Administrator
System
administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin,
dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk melakukan administrasi
terhadap sistem, meakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak
akses terhadap sisem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan
operasional sebuah sistem. Administrator atau system administrator ini biasanya
masuk ke dalam departemen atau divisi knologi dan informasi dalam struktur organisasi
perusahaan.
Ruang
lingkup kerja system administrator ini sangat bervariasi tergantung besarnya
organisasi. Administrator dituntut untuk memelihara dan menyelesaikan
permasalahan pada bidang TI yang dikuasai. Administrator sebelumnya sudah
dipersenajtai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi
informasi, khususnya dalam hal hal suppprting system, mulai dari pelacakan
masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah
software. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memliki sertifikasi untuk
spesialisasi tertentu.
Tugas
system Administrator
• Merancang,
melakukan dan menjaga instalasi hardware
dan software.
• Mendefinisikan
dan mengidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user.
• Melakukan
dokumentasi konfigurasi sistem.
• Melakukan
tuning kinerja sistem komputer.
• Menyakinkan
infrastruktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik.
• Melakukan
backup dan restore.
• Menjawab
masalah teknis dan memecahkan masalah.
• Melakukan
audit software dan hardware.
• Mengidentifikasi
ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan sistem.
• Mengenalkan
teknologi baru kepada user dalam sistem tengah digunakan.
b.
Backup
Operator
Pada teknologi
informasi, backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan
data salinan yang dapat di restore kembali apabila ada data yang hilang. Data
salinan tersebut biasa disebut dengan backup. Backup berguna untuk dua tujuan
utama. Pertama, untuk mengembalikan (restore) data yang mengalami kerusakan
akibat bencana alam (misalkan banjir, gempa bumi dll). Kedua, untuk
mengembalikan file setelah mengalami kesalahan menghapus atau korupsi data.
Kegunaan atau
manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang
hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau
faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak
bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan
lain sebagainya.
Dengan begitu
cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali
sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up
data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan
komputer.
Namun apakah
backup operator itu? Backup operator adalah pengguna yang dapat membuat
cadangan dan memulihkan komputer terlepas dari keamanan sistem file. Seorang
anggota kelompok Backup Operator dapat mengekstrak file dan direktori yang
pengguna biasanya tidak memiliki akses.
Seorang
anggota kelompok Backup Operator dapat mengekstrak file dan direktori yang
pengguna biasanya tidak memiliki akses. Keanggotaan dalam kelompok ini
memungkinkan pengguna untuk membuka file apapun untuk tujuan cadangan, namun,
setelah file telah dibuka untuk akses read dapat diarahkan oleh Backup Operator
ke lokasi manapun. Secara default, pengguna yang diizinkan untuk cadangan dan mengembalikan
file yang mereka memiliki file yang sesuai dan izin direktori tanpa memerlukan
keanggotaan dalam kelompok Backup Operator. Suatu jenis kelompok lokal atau
global yang berisi hak-hak pengguna Anda harus membuat cadangan dan memulihkan
file dan folder. Anggota kelompok Operator Backup dapat cadangan dan memulihkan
file dan folder terlepas dari kepemilikan, hak akses, enkripsi, atau pengaturan
audit. Kelompok Backup Operator memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan
dan memulihkan file terlepas dari apakah mereka telah membaca atau menulis
akses ke file . Karena kelompok ini memiliki seperangkat terbatas hak pengguna,
beberapa fungsi yang tidak tersedia bagi anggota kelompok Backup Operator. Berikut ini ikhtisar operasi klien
yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh anggota dari Backup Operator:
Ø Dapat membuat cadangan dan memulihkan file
Ø Dapat membuat cadangan sistem negara.
Ø Dapat mengembalikan sistem negara. (Windows ® XP dan
2003 saja). Pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows 2008, Anda harus menjadi
anggota dari grup Administrator untuk mengembalikan keadaan sistem.
Ø Dapat memulai TSM layanan Penjadwal
Ø Tidak dapat memulai layanan lain (TSM Client
Akseptor, TSM Agen Remote Client, dan TSM Journal Service)
Ø Tidak dapat menginstal dan mengkonfigurasi layanan
klien
Ø Tidak dapat menggunakan dukungan file yang terbuka
Ø Tidak dapat melakukan backup gambar dan
mengembalikan operasi
Ø Tidak dapat membuat cadangan dan mengembalikan saham
file Windows
c. Network
Engineer
Network engineer bertanggungjawab untuk memasang dan mendukung
komunikasi jaringan komputer dalam organisasi atau antar organisasi. Tujuannya
adalah untuk memastikan operasi yang lancar dari jaringan komunikasi untuk
menyediakan performance yang maksimum dan ketersediaan untuk user (staff,
client, customer, supplier, dan lain-lain).
Network engineer bekerja secara internal sebagai bagian dari tim
pendukung IT di organisasi atau secara eksternal sebagai bagian dari perusahaan
konsultansi networking dengan beberapa client.
Pekerjaan ini terpengaruh oleh ukuran dan tipe dari organisasi
yang mempekerjakannya. Aktivitas standar yang dilakukan oleh orang-orang
berprofesi dibidang ini adalah:
·
Memasang, mendukung, memelihara server hardware dan infrastruktur
software baru
·
Mengatur e-mail, anti spam, dan virus protection
·
Melakukan setting user account, izin dan password
·
Memonitor penggunaan jaringan
·
Memastikan cost-effective dan efisiensi penggunaan server
·
Mengusulkan dan menyediakan solusi IT untuk masalah bisnis dan
manajemen
·
Memastikan semua peralatan IT memenuhi standar industri
·
Menganalisa dan menyelesaikan kesalahan, mulai dari major system
crash sampai kelupaan password
·
Mengerjakan rutin preventative measures dan mengimplementasikan
dan memonitor keamanan jaringan, jika jaringan terkoneksi ke internet
·
Menyediakan pelatihan dan dukungan teknis untuk user dengan
bermacam tingkat pengetahuan IT dan kompetensi
·
Mengawasi staff lain, seperti help desk technician
·
Bekerja dekat dengan departemen/organisasi lain dan berkolaborasi
dengan staff IT lain
·
Merencanakan dan mengimplementasikan pengembangan IT untuk masa
mendatang dan menjalankan kerja proyek
·
Mengelola website dan memelihara jaringan internal
·
Memonitor penggunaan web oleh para pekerja
Kemampuan Network Engineer
Orang-orang yang ingin berprofesi di bidang ini harus memiliki
kemampuan sebagai berikut:
- Pengetahuan yang up to date dan memahami kebutuhan bisnis dan industri
- Kemampuan komunikasi yang baik sekali
- Mampu untuk menerima bermacam tugas dan memperhatikan detail
- Kemampuan analytical dan problem-solving
- Kemampuan teamwork dan mampu untuk merasa nyaman bekerja dengan tim, client dan grup staff yang berbeda antar organisasi
- Kemampuan organisasional
d. System Analis
Sistem
Analis Adalah satu orang atau lebih yang menggunakan pengetahuan aplikasi
komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah-masalah bisnis,
dibawah petunjuk manajer sistem Satu orang atau lebih yang
bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan sepemakai sistem
(user) kedalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer dan
diawasi oleh manajemen.
Kemampuan
yang dimiliki Sistem Analis
• Memahami
organisasi.
• Keahlian
memecahkan masalah.
• Pemahaman
sistem, untuk melihat organisasi dan sistem informasi sebagai sebuah
sistem.
• Memahami
potensi dan limitasi dari suatu teknologi.
Fungsi
Sistem Analis
• Mengidentifikasikan
masalah-masalah dari pemakai/ user.
• Menyatakan
secara spesifikasi sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan
user dan memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.
• Merencanakan
dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user
Tugas
Umum Sistem Analys
• Mengumpulkan
dan menganalisis formulir, dokumen, file yang berkaitan dengan sistem yang
berjalan kemudian menyusun dan menyajikan
laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan kepada user
• Merancang
suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi-aplikasi untuk
penerapan pada komputer dan menganalisis
dan menuyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru.
• Mengawasi
semua kegiatan dalam penerapan sistem yang baru
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pemaparan yang telah kami
jelaskan melalui bab sebelumnya, maka kami ambil kesimpulan bahwa: Sistem
komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu
aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah
untuk mengolah data menjadi informasi.Komponen-komponen dalam sistem komputer
terbagi menjadi tiga bagian yang saling terkait/tidak bisa terpisahkan, yaitu:
1. Hardware
• Input Device
• Process Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software
• Sistem Operasi (Operating System)
• Bahasa Pemrograman (Program Language)
• Program Paket (Program Application)
3. Brainware
• Administrator
• Operator
• Programer
• System Analyst
• Operator
• Programer
• System Analyst
http://sattoksugianto.blogspot.co.id/2013/02/sistem-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar